SISTEM
KARBURASI
Proses
pemasukan bahan bakar kedalam silinder dinamakan karburasi.
Sedangkan alat yang elakukan nya dinamakn karburator
Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakaruntuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam
mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untukbalap mobil stok. Kebanyakan mobil
yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor
masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah
banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.
fungsi
darikarburator antara lain:
- Untuk
mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap.
- Untuk
mengatur perbandingan bahan bakar-udara pada berbagai beban
kecepatan motor.
- Mencampur bahan
bakar dan udara secara merata.
Prinsip Kerja Sistem Karburasi
Pada dasarnya karburator bekerja
menggunakan Prinsip Bernoulli: semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil
tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya. Pedal gas pada mobil
sebenarnya tidak secara langsung mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang
masuk kedalam ruang bakar. Pedal gas sebenarnya mengendalikan katup dalam
karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam
ruang bakar. Udara bergerak dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk
menarik serta bahan bakar masuk kedalam ruang bakar.
Kebanyakan mesin berkarburator
hanya memiliki satu buah karburator, namun ada pula yang menggunakan satu
karburator untuk tiap silinder yang dimiliki. Bahkan sempat menjadi trend
modifikasi sepeda motor di Indonesia penggunaan multi-carbu (banyak karburator)
namun biasanya hal ini hanya digunakan sebagai hiasan saja tanpa ada fungsi
teknisnya. Mesin-mesin generasi awal menggunakan karburator aliran keatas
(updraft), dimana udara masuk melalui bagian bawah karburator lalu keluar melalui
bagian atas. Keuntungan desain ini adalah dapat menghindari terjadinya mesin
banjir, karena kelebihan bahan bakar cair akan langsung tumpah keluar
karburator dan tidak sampai masuk kedalam intake mainfold; keuntungan lainnya
adalah bagian bawah karburator dapat disambungkan dengan saluran oli supaya ada
sedikit oli yang ikut kedalam aliran udara dan digunakan untuk membasuh filter
udara; namun dengan menggunakan filter udara berbahan kertas pembasuhan
menggunakan oli ini sudah tidak diperlukan lagi sekarang ini.
Mulai akhir 1930-an, karburator
aliran kebawah (downdraft) dan aliran kesamping (sidedraft) mulai popouler
digunakan untuk otomotif.
Cara
kerja dari karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan. Saat mesin hidup, mesin
mengisap udara luar masuk melalui karburator. Karena kecepatan udara yang memasuki spuyer kecil, maka tekanan udara di
permukaan saluran masuk rendah. Sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil.campuran bahan bakar dan udara
akan menghasilkan gas yang nantinya akan dibakar di dalam silinder.
http://id.wikipedia.org/wiki/Karburator
No comments:
Post a Comment