Perbedaan Mesin
2 Tak dan 4 Tak
Mesin empat tak adalah mesin pembakaran dalam
yang dalam satu siklus pembakaran terjadi empat langkah piston. Sedangkan
langkahnya Hisap, tekan, bakar dan buang.
Ø
Langkah kesatu : Piston bergerak dari TMA ke TMB, posisi katup
masuk terbuka dan katup keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas terhisap
masuk ke dalam ruang bakar.
Ø
Langkah Kedua : Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup
masuk dan keluar tertutup, mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar
terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi TMA, waktu
penyalaan bunga api terjadi, pada mesin bensin berupa nyala busi.
Ø
Langkah Ketiga : Gas yang terbakar dalam ruang bakar akan
meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari TMA
ke TMB. Langkah ini adalah proses langkah yang pembakaran.
Ø
Langkah Keempat : Piston bergerak dari TMB ke TMA, posisi katup
masuk tertutup dan katup keluar terbuka, mengakibatkan gas hasil pembakaran
terdorong keluar menuju saluran pembuangan. Atau yang di sebut proses buang.
Mesin dua tak adalah mesin pembakaran di dalam
yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston.
Ø
Langkah Kesatu : Piston bergerak dari TMA ke TMB.• Pada saat
piston bergerak dari TMA ke TMB, maka akan menekan ruang bilas yang berada di
bawah piston. Semakin jauh piston meninggalkan TMA menuju TMB, tekanan di ruang
bilas semakin meningkat.• Pada titik tertentu, piston (ring piston) akan
melewati lubang pembuangan gas dan lubang pemasukan gas.• Pada saat ring piston
melewati lubang pembuangan, gas di dalam ruang bakar keluar melalui lubang
pembuangan.• Pada saat ring piston melewati lubang pemasukan, gas yang tertekan
dalam ruang bilas akan terpompa masuk dalam ruang bakar sekaligus mendorong gas
yang ada dalam ruang bakar keluar melalui lubang pembuangan.• Piston terus
menekan ruang bilas sampai titik TMB, sekaligus memompa gas dalam ruang bilas
masuk ke dalam ruang bakar
Ø
Langkah Kedua : Piston bergerak dari TMB ke TMA.• Pada saat
piston bergerak TMB ke TMA, maka akan menghisap gas hasil percampuran udara,
bahan bakar dan pelumas masuk ke dalam ruang bilas. Percampuran ini dilakukan
oleh karburator atau sistem injeksi.• Saat melewati lubang pemasukan dan lubang
pembuangan, piston akan mengkompresi gas yang terjebak dalam ruang bakar.•
Piston akan terus mengkompresi gas dalam ruang bakar sampai TMA.• Beberapa saat
sebelum piston sampai di TMA, busi menyala untuk membakar gas dalam ruang
bakar. Waktu nyala busi sebelum piston sampai TMA dengan tujuan agar puncak tekanan
dalam ruang bakar akibat pembakaran terjadi saat piston mulai bergerak dari TMA
ke TMB karena proses pembakaran sendiri memerlukan waktu dari mulai nyala busi
sampai gas terbakar dengan sempurna.
Kelebihan
4 tak
• Irit bahan bakar • Tidak
mengeluarkan asap pada knalpot
• Tidak perlu menambahkan oli
samping lebih besar
2 tak
• Mudah perawatannya karena tidak
perlu menyetel klep
• Tenaga yang di hasilkan besar
Kekurangan
4 tak
• Harus menyetel klep
• Suara mekanisme mesin lebih
berisik
2 tak
• Membutuhkan oli samping
• Menghasilkan asap pada knalpot
No comments:
Post a Comment